Sunday, February 22, 2015

PULAU SEMPU 2015, Catatan kecil perjalanan from Bandung to Sempu

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa secara administratif berada di Desa TambakrejoKecamatan Sumbermanjing WetanKabupaten MalangJawa Timur. Pulau yang ditumbuhi pepohonan tropis seluas 877 hektar ini adalah cagar alam yang di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia. Secara resmi tempat ini diakui sebagai cagar alam sejak 1928 pada masa pemerintahan Hindia Belanda.
Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektare, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepungSamudera Indonesia di sisi selatan, Timur dan Barat.
Pulau Sempu memiliki berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan pantai, hutan bakau, dan hutan tropis dataran rendah yang mendominasi seluruh pulau. Vegetasi yang ditemukan di Pulau Sempu diantaranya adalah bendo (Artocarpus elasticus),triwulan (Terminalia), wadang (Pterocarpus javanicus), ketapang (Terminalia catappa), waru laut (Hibiscus tiliaceus), pandan(Pandanus tectorius), Mangrove (Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata), dan banyak lagi. Menariknya, nama Sempu dikatakan diambil dari nama salah satu jenis pohon yang ditemukan di pulau itu, namun pohon tersebut hampir sulit ditemukan saat ini.
peta pulau sempu

Segara Anakan (laguna)
Doc: February 2015'

OurTripToSempu.....

Oke kali ini gue bakal sedikit share perjalanan dan pengalaman gue dan bro bro gue dari Bandung (start) - Malang - Sendang Biru - Segara Anakan (finish) + perjalanan balik Bandung (ini bonus). Mungkin temen temen sekalian udah banyak tau sempu tuh gimana melalui cerita dari sahabat, pacar, ataupun mantan pacar, buat yang niat mungkin udah ngegugel pulau sempu itu gimana, dan uraian di atas kayaknya udah cukup mendeskripsikan lah kurang lebih.

Bermula dari keisengan gue buat melarikan diri dari kehidupan bersociety yg memprihatinkan, dan sekaligus untuk refreshing setelah sibuk bergelut di dunia perskripsian yg kayak tai, akhirnya gue bersama 6 temen lainnya fix memutuskan untuk pergi ke pulau sempu Malang. Gue, Hary, Yusri, Barok, Agung, Egi, dan si Arab. Untuk masalah hari kita mutusin buat ngambil long weekend imlek yg jatoh pada hari Kamis, 19 Februrary 2015 s/d Minggu 22, February 2015. Oke here we go!

Kamis, 19 February 15'
Cuaca : Gerimis manja

Kita mulai berangkat dari kostan basecamp anak anak di Jl.Ciheulang Baru Tubagus Ismail, Coblong. Buat yang tinggal di Bandung mungkin tau lokasi tepatnya. Setelah semua ngumpul, packing, dan peralatan lengkap kami siap berangkat menuju stasiun Kiaracondong Bandung dengan stelan bacpacker. Perlengkapan pribadi yaitu:

- Carier
- Sepatu gunung
- Sleeping Bag
- Matras
- Head Lamp
- Nesting
- Baju, kolor jaket (terserah elu)
- Mie goreng, telor, nasi dll (terserah elu)
- Alat mandi (terserah elu)
- Tisu basah dkk
- Pulsa (ini wajib, se engganya salah satu temen lo ada yg punyalah)
*Pokoknya Stelan camp

Cerita perjalanan kami berawal menjadi angkoterss jurusan Sadang serang Caringin, naik angkot dari tubagus - Simpang dago Rp.14.000 (bertujuh) 1 orang 2 rebuan (tai yak padahal deket). Lanjut angkot dari simpang ke Stasiun Kiaracondong Rp.28.000 (Bertujuh) 1 orang 4 rebuan. Perkiraan waktu: Ciheulang - Kiaracondong (15.55-17.00 ). Karena kita udah beli tiket dari H-1, jadi kita ke stasiun cuma tinggal nuker resi pembelian dari Indomaret menjadi Tiket kerata. Jam keberangkatan kita yang tercantum di tiket adalah jam 18.10. Disini gue agak penasaran kok PT.KAI berani beraninya ngasih jam 6 sore lewat 10 menit, sok iye banget seolah olah keretanya ontime. Dan ga berapa lama rasa penasaran geu terjawab, ternyata keretanya udah standby dari jam 18.00 kurang, berarti emang ontime, jadi lo jangan coba coba ngaret lur. Keretapun berangkat jam 18.10 menuju Stasiun Kota Lama, Malang. Karena kita beli tiketnya dari Indomaret jadi sistem indomaret tuh gini, mereka memang menyediakan tiket sesuai dengan kursi yang tersedia, tapi tiap pembelian lo hanya diberikan jatah maksimal membeli 4 tiket, dan baru bisa beli maksimal 4 tiket lagi. Kita dapetnya tiket yg 1 tiket Rp. 250.000.(biasa libur imlek nyari tiket murah agak susuah kalo dadakan) Karena gue ber 7, Jadi gue beli 7 tiket misah-misah. Jadi temen gue ber 4 (Hary, Egi, Yusri, Agung) dapet tempat duduk bareng. Sedangkan gue, Arab, dan Barok duduk kepisah gue berdua sama arab, dan Barok duduk sama bro bronya di gerbong laen haha kasian jg si misah sendiri tapi gapapalah udah gede elah. Di kereta kita (gue & arab) duduk sebelahan sama 2 orang dari pulau natuna, Bang Fachri sama adeknya Syafik tujuan mereka yaitu ke Yogyakarta untuk ngisi long weekend. Orangnya lumayan asik walaupun duduknye agak makan tempat. Pokoknya singkat cerita kita nyampe Malang itu jam 10.00 pagi.

Nyempetin foto biar bisa ngerokok
Foto ini pada jam 2 dini hari, foto di stasiun tugu Yogyakarta,
Setelah perjalanan non-stop dari Bandung selama 8 jam

Jumat, 20 February 15'
Cuaca: Terik panas asik

Finally kita nyampe Stasiun kota lama Malang pada jam 10.00. Gue akan berikan sedikit informasi tentang Stasiun-stasiun di Malang.
Stasiun Malang Kota Baru (ML) merupakan stasiun kereta api yang terletak di KlojenMalangJawa Timur. Stasiun yang terletak pada ketinggian kira-kira 444 meter dari permukaan laut ini merupakan stasiun kereta api terbesar di Kota Malang dengan dua belas jalur aktif.
Stasiun Malang dibangun pada tahun 1941 berdasarkan karya J. van der Eb. Stasiun ini terkadang disebut sebagai Stasiun Malang Kotabaru untuk membedakannya dengan Stasiun Malang Kotalama yang usianya lebih tua.
Pada awalnya, bangunan Stasiun Malang berada di sisi timur bangunan yang sekarang. Sesuai rancangan awal, penumpang yang baru turun dari kereta api akan disuguhi pemandangan Gunung Panderman di sebelah barat. Oleh karena bangunan stasiun ini dianggap tidak mampu lagi menampung jumlah penumpang yang terus meningkat, maka dibuatlah bangunan baru yang lebih besar di sisi barat. Bangunan baru ini terus dipakai hingga sekarang dan bangunan lama yang kini bersebelahan dengan Dipo Kereta dan Lokomotif Malang difungsikan sebagai kantor dan gudang untuk menyimpan alat-alat perawatan jalur kereta api.
Nah disini gue dan 5 teman gue yg laennya agak misscomunication, pada awal berangkat gue udah ngingetin kalo kita turun di Stasiun Kota Lama bukan Stasiun Kota Baru, karena gue & arab berbeda gerbong sama anak anak, gue & arab langsung turun sesuai kesepakatan awal yaitu turun di stasiun kota lama. Pas gue & arab turun gue ga ngeliat 5 temen gue turun karena stasiun kota lama bukan tujuan utama pemberhentian jadi mereka ga berenti lama di stasiun ini, tujuan pemberhentian akhir adalah stasiun kota baru Malang. Singkat cerita setelah gue turun dan gue ga ngeliat 5 temen gue lainnya turun, gue & arab memutuskan untuk naik kereta lagi karena gue pikir 5 temen gue laennya masih di kereta dan bakal turun di Stasiun kota baru. Tainya pas gue naek, kereta langsung jalan dan ga berapa lama salah satu dari 5 temen gue yg beda gerbong nelfon dan ngabarin kalo mereka udah turun di stasiun kota lama. Ya Akhirnya gue & Arab kepisah sm anak anak, kita bedua jadinya turun di stasiun kota baru. Setelah nyampe, gue dan arab mutusin untuk naik angkot ke Stasiun kota lama yang jaraknya ga begitu jauh sekitar 400-600m an. Ongkos angkot Rp, 8.000 (bedua).
Kita janjian di tempat penyewaan tenda yang lokasinya ga jauh dari Stasiun Kota Lama Malang, untung sopir angkotnya baek jadi kita di turunin langsung di tempat penyewaan tenda. Ini ada beberapa list peralatan kelompok yang kalo kata gue nyewanya mending disini (Malang) daripada di kota asal lo, lebih murah dan biar garibet aja, sekalian bisa nanya nanya seputar Pulau Sempu juga kan sama orang malangnya.
Tempat nyewa peralatan camp "EDELWEIZ ADVENTURE"
Bapaknya  asik, easy goin pisan, buat lo lo pada yang pengen nyewa peralatan camp buat ke sempu atau semeru atau kemana aja di daerah malang langsung ke tkp di Jln.kebalen wetan no.491 malang (timur rumah sakit panti nirmala/timur stasiun kotalama malang)
Kalo mau book bisa di:
CP : 081233886540 / 085749509898
atau tongkrongin aja blognya biar jelas bro :  http://edelweizadventure.blogspot.com/
gue ga promosi! cuma ngerekomendasi doang
Inilah Biaya yang kita keluarin untuk kelengkapan Camp dan peralatan individu yang belom lengkap:
- Matras (1)
- Sleeping Bag (3)
- Head Lamp (2)
- Tenda (2) *1 tenda kapasitas buat 4 orang
Gue lupa rinciannya berapa, Total Rp.156.000

Berhubung hari Jumat hari yg penuh berkah, setelah melengkapi peralatan camp makan siang dan segala macem, sebagai umat muslim kita mutusin untuk Jumatan dulu baru cabut ke Sendang Biru.
Eniwei kita total ber 7 yg Jumatan cuma 2 orang, Hary & Barok, sedangkan 5 lainnya mengaku musafir.

Berangkat dari Edelweiz Adventure jam 13.00, nyampe Sendang Biru jam 15.30. Perjalanan stasiun - Sendang biru kurang lebih 2-3 jam tergantung sopir angkot lo, pro apa kagak. kalo supir angkot kita lumayan pro.

Ya beginilah kira kira kita di angkot kurang lebih 2-3 jam:

Ini Rincian biaya dari nyarter angkot (PP), sampe biaya-biaya yg harus lo keluarin di Sendang Biru:

-nyarter angkot PP (anter-jemput)            : Rp. 600.000
*pasaran segini tahun 2015, gue ama anak anak udah nego setengah mampus ini juga.
-biaya masuk kawasan cagar alam.         : Rp. 5.000 / Orang
 *ini pungli buat kebersihan, kesejahteraan orang sono katanya sebagai penjaga pulau.ngehe yak.
-biaya perkelompok (izin camp)               : Rp. 25.000 / Kelompok
  *nah kalo ini wajib ketua kelompok harus izin, biaya normal 25.000, tapi kalo lo mau nyebrangnya di atas jam 14.00, lo bakal di todong 2 kali lipat jadi 50.000
-biaya nyewa kapal buat nyebrang (PP)  : Rp. 130.000
*sebenernya dulu mah cuma 100.000 pp, tapi tahun 2015, 30.000 nya ngekor au dah buat apaan.
-biaya buat ranger (guide)                        : Rp. 150.000
*ini adalah biaya yang paling gue ga ikhlas soalnya tanpa guide jg bisa sih, tapi kabarnya 2015 wajib guide dengan alasan banyak yg nyasar dan karena gue dan kawan kawan sudah lewat dari jam 14.00, hutannya bahaya katanya.

Nah setelah lo pada ngurusin administrasi di atas silahkan nyetok aer minum yg banyak, saran gue 1 orang itu bawa 2-3 aqua 1 liter untuk pribadi. Dan 4 aqua 1 litter buat stok tracking PP + aer buat masak mie nasi sarden dll. soalnya track di hutannya cukup makan energi dan lo pasti butuh banyak minum biar ga dehidrasi, pr juga kan kalo temen lo ada yg pingsan gara gara keausan haha.

Tracking sekitar 1 jam buat pro, 2 jam buat pemula. Siapin fisik bro, jangan malu minta istrihat kalo capek, soalnya lumpur di hutan tropis ini emang ngeselin banget, lumpur becek dan dalem, nempel di sepatu jadi langkah bakal berat parah (apalagi ditambah beban2 skripsi temen2 gue yg belom kelar), wah pokoknya berat deh.

Sampai di Segara Anakan jam 18.00 an kurang lah. Jadi udah agak gelap, kita langsung bikin tenda, bersih bersih, dan prepare buat bikin lingkaran kebersamaan, walaupun ga sempet ngumpulin kayu bakar buat penerangan alias api unggun,  tapi cahaya bulan udah ngewakilin penerangan kita pada malam itu sambil menikmati keindahan laguna yang masih kebayang di otak gue pas nulis ini.
18.00 - 06.00 ACARA BEBAS
Acara malem ya kira-kira beginih..................

PE
TO
THE

CAH

Sabtu, 21 February 15'
Cuaca: Cerah berangin keren terik

Nih gue kasih sedikit foto biar lo lo pada OGAH & MALES ke Sempu!!!
ARAB, GUE, dan BAROk di angle view paling sakral!
Semua orang yg kesini pasti ya WAJIB foto di angle ini.
Iphone 5 Camera
ini si soleh dan temennya, kita mulai kenalan dari malang ketemu pas lagi nyewa tenda, akhirnya kita bareng sampe kesini jadi satu kelompok :) salam outdoor BRO!
ini mah ga usah pake caption lah ga penting haha
SLR Camera
ini gue,yusri, barok dan agung lagi berenang di kolam renang air laut yang berlantaikan pasir,
ga ada ombak sama skali. INI PECAH! (harus di BOLD dong)
Si Yusri sok sokan maen bola padahal mah sengaja biar di poto (kebaca nyet!)
SLR Camera
ini temen gue si Yusri yang ngetake gambar ini, sekitar jam 10 an udah mulai terik
ini airnya keliatan agak biru karena cuaca lagi cerah dan biru bangeeeeeeeet
jadi bro, lobang karang itulah yang bikin air laut masuk ke dalem laguna
SLR Camera
06.00-10.30 Berenang-renang, halusin nasi (ya lo ngerti lah maksud gue) makan, sibuk foto foto ganteng nyari angle sana sini hehe.
10.30 Bersih, bersih camp, packing tenda, dan ngerapihin semua peralatan yang kita bawa, packing sampah sampah yang kita bawa dari sendang biru. Ingat kawan jika kita ke alam jangan pernah pulang membawa apapun selain pengalaman, cerita dan foto-foto ganteng, dan jangan pernah meninggalkan apapun selain kenangan, dan jejak kalian (haha sok iye banget gue) tapi ini seriusan.

packing part1
Iphone 5 Camera
Packing Part 2 (pada sibuk nyari besi tenda yg kekubur di pasir haha)
Packing Part 3 (besi yang terkubur sudah ditemukan)
11.00 Cabut ke hutan becek bangsat lagi, nyampe jam 12.30 Yoi banget gue baliknya cepet 30 menit daripada perginya. Pas jalan balik banyak ketemu cewek cewek yang pada baru berangkat ngecamp :( tau gitu mah gue nambah semalem lagi ngecampnya haha.

Iphone 5 Camera
Take a rest bentar. sebenernya ini foto pergi tapi gapapalah, kira kira ginilah hutannya
12.30 - 14.00 Makan, mandi bersih bersih, jajan ini itu, istirahat segala macem di Musola Sendang Biru. Dari Sendang Biru - Stasiun Kota Baru Malang (14.00 - 17.30). Baliknya agak lama soalnya jalanan agak rame dan macet gitu, maklum pada mau malem mingguan kali muda mudi malang hehe. Berhubung kita ga dapet tiket balik dari stasiun Malang yg langsung ke Bandung, akhirnya kita mutusin untuk ke Yogyakarta dulu karena di Yogya banyak pilihan mau naik kereta lagi apa naik bis.
20.00 - 04.00 To Yogyakarta with Malioboro Express. harga Rp.120.000 (Ekonomi Ac) ini baru ekonomi keren, Ac nya dingin banget cok, tempat duduknya pun enak ga kayak kereta ngehe yang gue naekin dari Bandung ke Malang.

Minggu, 22 February 15'
Cuaca: Panas gila

Nyampe Stasiun Tugu jam 04.00 subuh. Pas nyampe kita langsung temuin temen si arab yg kuliah di Yogya yg udah nunggu di stasiun buat nge infoin kita untuk transportasi apa yg enaknya ke bandung. Doi baek bener, kalo gue jadi temen si arab, ogah jg jam 4 ke stasiun hahahaha. Selagi anak-anak berdiskusi buat nentuin transport apa yg kita gunakan gue menyempatkan diri untuk mampir ke indomaret di Malioboro buat setoran, berhubung gue belom setoran 2 hari kali ini gue bisa merasakan betapa nikmatnya buang air besar. lega banget nyeeeeeeeeeetttttt!!.

Setalah lama berbincang akhirnya kita di rekomendasikan untuk naik taxi (avanza) khas Yogya untuk ke terminal giawangan Yogyakarta. Biaya taxi yaitu Rp. 10.000 ewang alias perkepala. Berhubung si arab udah lama ga ketemu temennya jadi dia mutusin untuk stay di Yogyakarta dan ga balik bareng anak-anak. Jadi perjalanan pulang kita tinggal ber 6. Sampainya di terminal giwangan kita udah malyes banyak pilih, intinya keberangkatan paling cepet, pake ac, dan MURAH, akhirnya kita dapet bis namnaya Aladin biayanya yaitu Rp.80.000 / orang, turun di caheum.

Jalan jam 06.00 - 17.00. Nah buat di bagian perjalanan ini kayaknya gue ga usah banyak cerita deh, ya lo pada pasti udah tau betenya gimana di bis selama 11 jam, dan gue juga ga mau nginget nginget lagi kebetean itu.
Tah nu kieu yeuh bengeut geus lelah teh, poto ngan opatan, nu 2 deui pagawean sare wae di bus
Iphone 5 Camera
Singkat cerita geu nyampe bandung deh HORE!!!!!!!!!!!

BONUS FOTO TERAKHIR:
INFO PENTING : yang moto EGI

TOTAL KESELURUHAN BIAYA LO ITUNG AE DAH SENDIRI :D

Jadi buat temen temen yang punya rencana trip ke sempu info ini sangat sangat tidak berguna jadi ga usah baca blog ini mendingan, ga ada untungnya!

SEE YOU NEXT TRIP :)

1. Keren bro, jadi pengen ke sempu. Salam dari kami anak outdoor UjungBerung kang :)

2. Kirim salam sama authornya wkwkk

3. Wah pulau sempu bagus banget..wajib dilestarikan
    semoga pariwisata Indonesia makin maju

4. yess,
    desember 2015 libur natal ke pulau sempuu
    ptg gak charter angkot aja lahh
    mahal bingiitsss 600 ribu ching,,
    kalau guide, ya pikir lagi dehhh....weka weka weka weka

5. Wah keren gan.. tqu infonya...
    kalau boleh tau ada penampakan guidernya ngk .. soalnya ane rencana 26 besok kesana... n kalau boleh ping ke WA081284015589 ane , gan.. mau nanya2 lgi hohoh ...
    tqu gan

6. sip gan infonya, klo boleh tau sewa perahu itu max buat brp orang. soalnya rencana liburan ksana, hehe

7. besok mau berangkat kesini tp sendirian :( kasian

8. Mantab. Artikelnya sangat bagus dan menari. Salam kenal dari Rental Mobil Malang, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 0821 41555 123